Teori Lawrence Green

Lawrence Green mencoba menganalisis perilaku manusia dari tingkat kesehatan. Kesehatan seseorang atau masyrakat dipengaruhi oleh 2 faktor pokok, yakni faktor perilaku (behavior causes) dan faktor di luar perilaku (non-behaviour causes). Selanjutnya perilaku itu sendiri ditentukan atau terbentuk dari 3 faktor :

1. Faktro-faktor predisposisi (predisposing factors), yang terwujud dalam pengetahuan, sikap, kepercayaan, keyakinan, nilai-nilai, dan sebagainya.

2. Faktro-faktor pendukung (Enabling factors), yang terwujud dalam fasilitas-fasilitas atau sarana-sarana, alat-alat kontrasepsi, jamban, dan sebagainya.

3. Faktro-faktor pendorong (renforcing factors) yang terwujud dalam sikap dan erilaku petugas kesehatan atau petugas lain, yang merupakan kelompok referensi dari perilaku masyarakat.

Model ini dapat digambarkan sebagai berikut:

B=f (PF, EF, RF )

Keterangan :

B = Behavior

PF = Predisposing Factors

EF = Enabling Factors

RF = Reinforcing Factors

F = Fungsi

Disimpulkan bahwa perilaku sesorang atau masyrakat tentang kesehatan ditentukan oleh pengetahuan, sikap, kepercayaan, tradisi, dan sebagainya dari orang atau masyarakat yang bersangkutan. Disamping itu, ketersediaan fasilitas, sikap, yang bersangkutan. Disamping itu, ketersediaan fasilitas, sikap, dan perilaku para petugas kesehatan terhadap kesehatan juga akan mendukung dan memperkuat terbentuknya perilaku.

Seseorang yang tidak mau mengimunisasikan anaknya di psoyandu dapat disebabkan karena orang tersebut tidak atau belum mengetahui manfaat imunisasi bagi anaknya (predisposing factors). Atau barangkali juga karena rumahnya jauh dari posyandu atau puskesmas tempat mengimunisasikan anaknya (enabling factors). Sebab lain, mungkin karena para petugas kesehatan atau tokoh masyarakat lainnya disekitarnya tidak pernah mengimunisasikan anaknya (reinforcing factors).

Daftar Pustaka

Notoatmodjo, Soekidjo,2007. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta

Related Sites

Lima teori konspirasi yang terbukti benar - Blog misteri ...

Lima teori konspirasi yang terbukti benar - Blog misteri ...: blog misteri, kumpulan misteri dunia yang tidak terpecahkan, makhluk misterius, artefak misterius, situs dan tempat misterius, teori konspirasi, dan fenomena aneh

Sources : http://xfile-enigma.blogspot.com/2013/04/lima-teori-konspirasi-yang-terbukti.html

Perilaku Konsumen | CARI ILMU ONLINE BORNEO

Perilaku Konsumen | CARI ILMU ONLINE BORNEO: Perilaku Konsumen . Perilaku konsumen adalah proses yang dilalui oleh seseorang/ organisasi dalam mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi, dan membuang ...

Sources : http://massofa.wordpress.com/2008/02/02/perilaku-konsumen/

Referensi atau Daftar Pustaka | Islam For World

Referensi atau Daftar Pustaka | Islam For World: A. Alatas, Fahmi. Dr. 1997. Bersama TV Merenda Wajah Bangsa. Yayasan Pengkajian Komunikasi Masa Depan : Jakarta. A. Dole Timpe, Managing People,‚ÄĚSeri ...

Sources : http://putrahermanto.wordpress.com/2010/02/01/referensi-atau-daftar-pustaka/

Uji Korelasi Pearson | Seta Basri Menulis Terus

Uji Korelasi Pearson | Seta Basri Menulis Terus: Uji korelasi Pearson. Banyak penelitian meminati keberadaan hubungan antara 2 atau lebih variabel. Korelasi adalah suatu ukuran hubungan linier antar variabel.

Sources : http://setabasri01.blogspot.com/2011/04/uji-korelasi-pearson.html

RAHSIA NEGARA : KOMANDO GGK BERSIAP GEMPUR PENGGANAS SERB ...

RAHSIA NEGARA : KOMANDO GGK BERSIAP GEMPUR PENGGANAS SERB ...: NOTA PENULIS : Nampaknya banyak negara Islam di Timur Tengah sedang bergejolak dengan adanya kebangkitan rakyat. Kalau kita perhatikan kebanyakkan negara ini adalah ...

Sources : http://militaryofmalaysia.net/2011/02/rahsia-negara-komando-ggk-bersiap-gempur-pengganas-serb-di-bosnia/

Teori Lawrence Green (perilaku) Responses

Leave a Reply