Definisi masyarakat menurut para ahli :
Istilah masyarakat berasal dari akar kata Arab “syaraka” yang berarti ikut serta (berpartisipasi). Dalam bahasa inggris dipakai istilah society yang berasal dari kata Latin socius yang berarti kawan.
Ada beberapa para ahli yang memberikan definisi tentang masyarakat, antara lain sebagai berikut:
1. Menurut Koentjaraningrat masyarakat adalah kesatuan hidup manusia yang berinteraksi menurut suatu system adat istiadat tertentu yang bersifat kontinu,dan yang terikat oleh suatu rasa identitas bersama.
2. Menurut Selo Soemardjan mengatakan bahwa masyarakat adalah orang-orang yang hidup bersama yang menghasilkan kebudayaan.
3. Menurut J.L Gillin dan J.P Gillin mengatakan bahwa masyarakat adalah kelompok manusia yang terbesar dan mempunyai kebiasaan, tradisi, sikap, dan perasaan persatuan yang sama.
4. Menurut Ralph Linton menyebutkan bahwa masyarakat adalah setiap kelompok manusia yang telah hidup dan bekerja sama cukup lama sehingga mereka dapat mengatur diri sendiri dan menganggap diri mereka sebagai suatu kesatuan sosial dengan batas-batas yang dirumuskan dengan jelas.
5. Menurut Emile Durkheim berpendapat bahwa masyarakat adalah suatu sisitem yang dibentuk dari hubungan antar anggota sehingga menampilkan suatu realitas tertentu yang mempunyai ciri-cirinya sendiri dan
6. Menurut M.J Herskovits mengemukakan bahwa masyarakat adalah kelompok individu yang diorganisasikan dan mengikutu suatu cara hidup tertentu.
7. Menurut Mac Iver dan Page mengatakan bahwa masyarakat adalah suatu sistem dari kebiasaan dan tata cara, dari wewenang dan kerja sama antara berbagai kelompok dan penggolongan, dari pengawasan tingkah laku serta kebebasan manusia. Keseluruhan yang selalu berubah disebut masyarakat. Masyarakat merupakan jalinan hubungan sosial dan masyarakat selalu berubah.
8. Menurut Karl Marx masyarakat adalah suatu struktur yang menderita suatu ketegangan organisasi atau perkembangan akibat adanya pertentangan antara kelompok-kelompok yang terbagi secara ekonomi.
9. Menurut Menurut Emile Durkheim masyarakat merupakan suau kenyataan objektif pribadi-pribadi yang merupakan anggotanya.
10. Menurut Paul B. Horton & C. Hunt masyarakat merupakan kumpulan manusia yang relatif mandiri, hidup bersama-sama dalam waktu yang cukup lama, tinggal di suatu wilayah tertentu, mempunyai kebudayaan sama serta melakukan sebagian besar kegiatan di dalam kelompok / kumpulan manusia tersebut.
11. Menurut Smith, Stanley dan Shores mendefinisikan masyarakat sebagai suatu kelompok individu-individu yang terorganisasi serta berfikir tentatang diri mereka sendiri sebagai suatu kelompok yang berbeda. (Smith, Stanley, Shores, 1950, p. 5).
12. Menurut Znaniecki menyatakan bahwa masyarakat merupakan suatu sistem yang meliputi unit biofisik para individu yang bertempat tinggal pada suatu daerah geografis tertentu selama periiode waktu tertentu dari suatu generasi. Dalam sosiology suatu masyarakat dibentuk hanya dalam kesejajaran kedudukan yang diterapkan dalam suatu organisasi. (F Znaniecki, 1950, p. 145).
13. W F Connell (1972, p. 68-69) menyimpulkan bahwa masyarakat adalah :
a. Suatu kelompok orang yang berpikir tentang diri mereka sendiri sebagai kelompok yang berbeda, diorganisasi, sebagai kelompok yang diorganisasi secara tetap untuk waktu yang lama dalam rintang kehidupan seseorang secara terbuka dan bekerja pada daerah geografls tertentu,
b. Kelompok orang yang mencari penghidupan secara berkelompok, sampai turun temurun dan mensosialkan anggota anggotanya melalui pendidikan,
c. Seorang yang mempunyai sistem kekerabatan yang terorganisasi yang mengikat anggota-anggotanya secara bersama dalam keselurühan yang terorganisasi.
14. Indan Encang (1982, p.14) yang menyatakan bahwa masyarakat adalah setiap kelompok manusia yang telah cukup lama hidup dan bekerja sama, sehingga mereka itu dapat mengorganisasikan dirinya dan berpikir tentang dirinya sebagai satu kesatuan sosial dengan batas-batas tartentu.
15. Drs. JBAF Mayor Polak menyatakan bahwa masyarakat adalah wadah segenap antar hubungan social terdiri atas banyak sekali kolektiva-kolektiva serta kelompok dan tiap-tiap kelompok terdiri atas subkelompok.
16. prof. M.M Djojodiguno tentang masyarakat adalah suatu kebulatan daripada segala perkembangan dalam hidup bersama antar manusaia dengan manusia. Dan Hasan Sadily berpendapat bahwa masyarakat adalah suatu keadaan badan atau kumpulan manusia yang hidup bersama.

Related Sites

40+ Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli | Hedi Sasrawan

40+ Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli | Hedi Sasrawan: Judul. Alamat. 1. Pengertian sejarah dan definisi sejarah menurut para ahli: http://carakata.blogspot.com/2012/04/pengertian-sejarah-dan-definisi-sejarah.html

Sources : http://hedisasrawan.blogspot.com/2014/01/40-pengertian-sejarah-menurut-para-ahli.html

Pengertian dan Definisi Budaya Menurut Para Ahli ...

Pengertian dan Definisi Budaya Menurut Para Ahli ...: Pengertian budaya menurut para ahli. Definisi budaya menurut para ahli. Budaya menurut para ahli. Definisi budaya. Http://carapedia.com/pengertian_definisi_budaya ...

Sources : http://carapedia.com/pengertian_definisi_budaya_menurut_para_ahli_info481.html

PENGERTIAN LINGKUNGAN | Menurut Para Ahli Lingkungan.

PENGERTIAN LINGKUNGAN | Menurut Para Ahli Lingkungan.: Pengertian dari Lingkungan adalah sesuatu yang berada di luar atau sekitar mahluk hidup. Para ahli lingkungan memberikan definisi bahwa Lingkungan (enviroment atau ...

Sources : http://pengertian-definisi.blogspot.com/2011/10/lingkungan.html

GEOGRAFI: Pengertian Lingkungan Hidup Menurut Para Ahli

GEOGRAFI: Pengertian Lingkungan Hidup Menurut Para Ahli: Salah seorang ahli ilmu lingkungan, yaitu Otto Soemarwoto mengemukakan bahwa dalam bahasa Inggris istilah lingkungan adalah environment. Selanjutnya ...

Sources : http://geografi-geografi.blogspot.com/2011/01/pengertian-lingkungan-hidup-menurut.html

Pengertian Masyarakat Menurut Para Ahli ~ BAHAN KULIAH DAN ...

Pengertian Masyarakat Menurut Para Ahli ~ BAHAN KULIAH DAN ...: kumpulan bahan kuliah kesehatan masyarakat, keperawatan dan kebidanan, makalah, askep, askeb, skripsi, kti dll

Sources : http://bahankuliahkesehatan.blogspot.com/2011/02/pengertian-masyarakat-menurut-para-ahli.html

Definisi masyarakat menurut para ahli Responses

Leave a Reply