Searching di google memang sangat mudah, namun terkadang apa yang kita ingin cari di google tidak kita temukan atau tidak sesuai dengan apa yang kita mau. Oleh karena itu saya ingin memberikan sedikit Tips Trik Jitu Mencari di Google. Silakan simak penjelasan beserta contoh berikut ini:
1. Syntax Keyword 
Syntax keyword ini berguna untuk mencari kata kunci dalam suatu situs yang mempunyai kata kunci yang kita inginkan. Contoh: keyword=kesmas unsoed 

2. Syntax Filetype 
Kode ini kita gunakan untuk mencari tipe file tertentu di google seperti PDF, DOC, TXT, PPT, dsb. Contoh: filetype:PDF “logam berat kadmium”

3. Syntax Define 
Nah, kalau yang satu ini fungsinya untuk mencari defenisi dari kata / frasa yang kita inginkan. Contoh: define: public health Lalu google akan menampilkan semua situs yang memberi defenisi atau arti dari kata public health
4. Syntax + 
Fungsi dari syntax ini adalah untuk mencari suatu kata kunci secara paksa. Contoh: kesehatan+masyarakat+unsoed. Dengan menambahkan (+) di kata kunci yang kita inginkan maka google akan mengikut sertakannya dalam pencarian dalam bentuk frasa. Tapi, apabila tanpa menggunakan (+) maka terkadang kata kunci yang terdiri dari dua kata, kata pertama lah yang akan di tampilkan secara prioritas.
5. Syntax “keyword”
Fungsi dari syntax ini [“] hampir sama seperti [ + ]. Coba dan liat sendiri saja bedanya..hehehe
contoh: “kesehatan masyarakat unsoed”
6. Syntax site
Syntax ini digunakan untuk membatasi pencarian pada site atau domain tertentu yang kita inginkan. Contohnya : Ketika kita memasukkan keyword [ “adnan agnesa” site:ac.id ] maka Google hanya akan melakukan pencarian pada keyword “adnan agnesa” pada halaman-halaman web yang terdapat di link dari domain ac.id saja.

Tips dan Trik Rahasia Mencari di Google agar Lebih Efektif Responses

Leave a Reply